Tinnitus

Tinnitus

Pertanyaan umum tentang Tinnitus

Apa tinnitus? Apakah umum?

Tinnitus adalah nama untuk suara bising yang kita dengar di telinga atau di kepala tanpa adanya suara eksternal.

Ini berarti bahwa tidak ada yang bisa mendengarnya kecuali seseorang yang terjangkit. Hampir 20% orang dewasa menderita ketidaknyamanan ini di beberapa titik dalam hidup mereka. Tinnitus bisa datang dan pergi, atau mungkin bersuara terus menerus.

Hal ini dapat bervariasi dalam nada dari raungan rendah ke pekikan tinggi atau dengungan, dan Anda dapat mendengarnya di satu atau kedua telinga. Ketika dering bersuara tetap, dapat mengganggu dan mengacaukan. Sejumlah menderita begitu parah sehingga mereka tidak dapat menjalani kehidupan normal.

Apa yang menyebabkan tinitus?

Ada banyak penyebab tinnitus subjektif, hanya kebisingan yang  Anda dapat dengar. Beberapa penyebab yang tidak kecil seperti lilin telinga. Tinnitus juga bisa menjadi  gejala dari masalah yang lebih serius pada telinga tengah seperti infeksi, lubang di gendang telinga, dan cairan telinga tengahpun terjadi, atau pengkakuan (otosklerosis) di tulang telinga tengah.

Kondisi medis seperti alergi, tinggi atau rendah tekanan darah (darah masalah sirkulasi), tumor, diabetes, masalah tiroid, cedera pada kepala dan leher, dan obat-obatan seperti anti-inflamasi, antibiotik, obat penenang / antidepresan, dan aspirin dapat menyebabkan tinnitus .

Pengobatan akan sangat berbeda dalam setiap kasus. Hal ini penting untuk memeriksakan ke dokter THT untuk mengetahui penyebab tinnitus Anda sehingga pengobatan terbaik dapat dipastikan.

Apa penyebab umum menurut  usia?

Untuk segala usia: tinnitus Kebanyakan berasal dari kerusakan pada ujung-ujung mikroskopik dari syaraf pendengaran di telinga bagian dalam. Kesehatan dari ujung saraf penting untuk pendengaran akut, dan cedera mereka membawa pada gangguan pendengaran dan seringkali tinnitus .
Jika Anda lebih tua: usia lanjut umumnya disertai oleh jumlah tertentu dari perburukan syaraf pendengaran dan tinnitus.

Jika Anda lebih muda: Paparan terhadap suara keras seperti keberisikan klub, konser musik rock, dan musik keras dari ponsel ke telinga dapat menyebabkan tinnitus sementara atau permanen tergantung pada panjang dan intensitas paparan. Ini mungkin adalah penyebab utama tinnitus dan yang  sering juga merusak pendengaran.

 

Kapan sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter THT?
Jika tinnitus terjadi terus-menerus (lebih dari satu bulan) atau sangat mengganggu atau berhubungan dengan gangguan pendengaran dan pusing, itu harus dievaluasi.

 

Bagaimana pengobatannya?

Dalam kebanyakan kasus, tidak ada pengobatan khusus untuk suara telinga dan kepala. Jika dokter THT Anda menemukan penyebab spesifik dari tinnitus Anda, dia mungkin dapat menghilangkan kebisingan. X-ray,tes pendengaran, tes keseimbangan, dan tes darah mungkin diperlukan. Obat-obatan dapat membantu.

Daftar berikut ini dapat dan tidak boleh dilakukan yang dapat membantu mengurangi keparahan tinnitus.
1.Hindari paparan suara keras dan bising
2.Periksa dan mengontrol tekanan darah Anda
3.Kurangi asupan garam
4.Hindari stimulan seperti kopi, cola, teh dan tembakau.
5.Berolahraga untuk meningkatkan sirkulasi
6.Beristirahat yang cukup. Menghindari kelelahan.
7.Hilangkan stres dan khawatir

 

Apa yang bisa membantu saya untuk mengatasinya?
Teknik relaksasi: Ini mencapai fokus pada penurunan tinnitus dan menurunkan intensitas yang dirasakan

masking
Tinnitus biasanya adalah gangguan di lingkungan yang tenang seperti malam hari. Sebuah suara kedua pada tingkat rendah yang konstan, seperti jam berdetik atau radio statis (white noise), dapat menutupi tinnitus dan membuatnya berkurang.

Alat bantu dengar
Jika Anda memiliki gangguan pendengaran, alat bantu dengar dapat meningkatkan pendengaran dan mengurangi tinnitus.

ringkasan
Sebelum melakukan pengobatan tinnitus, adalah penting bahwa Anda menjalani pemeriksaan menyeluruh dan penilaian oleh dokter THT Anda.


Pesan appointment dengan  Specialis HealthSense Dr. YT Pang untuk pemeriksaan masalah THT anda dan Pengobatannya.